Perkembangan Reproduksi

 Perkembangan organ reproduksi diawali dengan proses yang dinamakan pubertas. Pubertas sendiri merupakan waktu dimana hewan mencapai level perkembangan seksual, faktor berat badan ini diketahui menjadi faktor koreksi di Indonesia.

• Pubertas pada betina ditandai dengan estrus pertama (ovulasi), pada fase ini betina masih terlalu dini untuk mengandung fetus.

Pubertas pada jantan terjadi ejakulasi pertama dengan sperma fertile artinya semen yang dihasilkan masih belum cukup fertile untuk membuahi

Sapi boleh dikawinkan setelah memasuki usia dewasa kelamin dan dewasa tubuh. Apabila perkawinan antara jantan dan betina terjadi maka akan terjadi fertilisasi, yaitu pembuahan sel telur oleh sperma, hasil dari fertilisasi adalah zigot (penyatuan sel telur dan sperma).

 Setelah fertilisasi, maka zigot akan memasuki periode gestasi. Gestasi didefinisikan sebagai rentang waktu yang dimulai sejak proses pembuahan sel telur hingga proses kelahiran. Pedet kemudian akan lahir setelah 9 bulan 10 hari, fase ini dinamakan partus atau parturisi. Proses partus sapi dapat ditandai dengan menetesnya air susu atau kolostrum sapi. Beberapa gejala lainnya seperti menyendiri, nesting, dan gelisah. Anak sapi yang sudah lahir kemudian mendapatkan asupan nutrisi melalui laktasi susu dari induk (perlu diketahui bahwa hormon berperan penting sebagai trigger untuk produksi susu).

Pada hewan unggas perkembangan calon anak berada di luar tubuh induk (telur), dapat dikenal juga dengan periode inkubasi. Perkembangan anak pada periode ini membutuhkan perlakuan (harus diputar 2-5 kali sehari) dan suhu tertentu (99-103˚F), karenanya dapat dijumpai induk betina yang mengerami telurnya.

Comments

Popular posts from this blog

Tegak kaki dan diagnose kepincangan kuda-sapi

Kasus Cystolithiasis Akibat Infeksi pada Anjing

Laporan wawancara budidaya ikan konsumsi ( ikan lele )

Prolapsus Bola Mata yang Disertai Miasis pada Anjing

MATERI KERAJINAN BERBAHAN LIMBAH LENGKAP

Konsep Pengolahan Limbah

Makalah atau Laporan Osmosis Pada Telur

Translate

Pageviews last month

terima kasih

jangan lupa datang kembali, komen, dan request