CAFETARIA FEEDING PADA UNGGAS

CAFETARIA FEEDING PADA UNGGAS 


 

PENDAHULUAN

 

1.1.       LATAR BELAKANG

Pakan adalah campuran berbagai macam bahan organik dan anorganik yang diberikan kepada ternak untuk memenuhi kebutuhan zat-zat makanan yang diperlukan bagi pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi. Agar pertumbuhan dan produksi maksimal, jumlah dan kandungan zat-zat makanan yang diperlukan pun harus sesuai. Biasanya kandungan zat-zat penting yang dibutuhkan unggas belum tentu diketahui oleh para peternak. Hal tersebut bisa saja menyebabkan unggas menjadi kekurangan atau kelebihan suatu nutrisi.

Peningkatan produksi dapat dilakukan dengan memperhitungkan formulasi ransum yang tepat, karena ketersediaan nilai gizi cukup yang diperoleh unggas. Untuk memenuhi hal tersebut unggas akan mengkonsumsi bahan pakan yang mengandung energi, mineral, protein, dan vitamin. Cara mengetahui kebutuhan pakan unggas dapat dilakukan antara lain dengan melakukan percobaan cafetaria feeding. Cafetaria feeding adalah memberi beberapa pakan dengan wadah yang terpisah. Sehingga unggas akan mengkonsumsi pakan sesuai dengan kebutuhannya.

Pakan yang diberikan antara lain jagung, dedak padi, bungkil kedelai, kapur, tepung ikan, scrumbel, dan mash. Pakan yang dikonsumsi juga dipengaruhi oleh bentuknya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perhitungan yang efektif dan efisien terhadap nilai-nilai nutrisi dan kesukaannya terhadap ternak unggas, baik secara nilai konsumsi energi metabolisme, protein, vitamin, dan mineral.

 

1.2.       TUJUAN

Praktikum ini bertujuan untuk menghitung konsumsi bahan pakan yang diberikan secara terpisah dan menghitung konsumsi energi, protein dan kalsium berdasarkan bahan pakan yang dikonsumsi.

 

Comments

Popular posts from this blog

Tegak kaki dan diagnose kepincangan kuda-sapi

Makalah atau Laporan Osmosis Pada Telur

RANGKUMAN POTENSIAL LISTRIK DAN KAPASITOR

Laporan wawancara budidaya ikan konsumsi ( ikan lele )

CONTOH DRAMA MPLS

LAPORAN PENGOLAHAN SEMEN BEKU

Infeksi Toxocara vitulorum (Toxocariosis) pada Ruminansia Besar

Translate

Pageviews last month

terima kasih

jangan lupa datang kembali, komen, dan request