Tangga Nada, Akor, Aransement Lagu


Tangga Nada
  1. major = nada dasar do (1), ||1/2|||1/2, gembira semangat
  2. minor = nada dasar la (6), |1/2||1/2||, sedih
tangga nada natural adalah nada tangga yang masih murni
nada dasar C = 1 (do)
                  C-D-E-F-G-A-B-C
                  1'-2'-31/2-4'-5-6-71/2-1
tangga nada kromatis adalah tangga nada yang sudah mengalami perubahan
1 #(kres) dinaikkan 1/2 nada
2 b (mal) diturunkan 1/2 nada
2 syarat untuk membuat tangga nada # (kres)
  1. nada ke 5 dari tangga nada natural di jadikan nada dasar (1)
  2. nada ke 7 dari hasil tangga nada yang baru ( yang dibentuk ditambahi is)
1 # G-A-B-C-D-E-Fis-G
      1  2   3  4  5  6  7    1 
2 # D-E-Fis-G-A-B-Cis-D
      1   2   3   4  5  6   7    1
3 # A-B-Cis-D-E-Fis-Gis-A
      1   2   3   4  5    6    7   1 
4 # E-Fis-Gis-A-B-Cis-Dis-E
      1   2     3   4  5      6  7    1 
5 # B-Cis-Dis-E-Fis-Gis-Ais-B
      1    2     3   4  5     6    7     1 
dan seterusnya  

tangga nada mol ;
  1. nada ke 4 dari tangga nada natural dijadikan nada dasar
  2. nada ke 4 yang terbentuk di turunkan 1/2 nada ditambahi es
C-D-E-F-G-A-B-C
1  2  3  4  5  6  7  1
  1. b F-G-A-Bes-C-D-E-F
  2. b Bes-C-D-Es-F-G-A-Bes
  3. b Es-F-G-As-Bes-C-Des
  4. b As-Bes-C-Des-Es-F-G-As
  5. b Des-Es-F-Ges-As-Bes-C-Des
akor adalah susunan 3 nada lebih yang digabungkan secara bersamaan dan kedengaran harmonis
akor trinada
diatas nada dasar  (1)
ditulis nada tert (3)
dan nada kwint (5)

contoh susunan tangga nada ;
C major {C = 1  (natural)}
I C-E-G = 1 3 5 ~ C major = Cm
II D-F-A = 2 4 6 ~ D minor = Dm
III E-G-B = 3 5 7 ~ E minor = Em
IV F-A-C = 4 6 1 ~ F minor = Fm (DO TINGGI) 
V G-B-D = 5 7 2 ~ G minor = Gm ( RE TINGGI)
VI A-C-E = 6 1 3 ~ A minor = Am ( DO & MI TINGGI)
VII b-d-f = 7 2 4 ~ B diminished = B dim (B-) (RE & FA TINGGI)

ARANSEMEN lagu
aransemen adalah  gubahan musik untuk orkes atau kelompok paduan musik, baik secara vokal maupun instrumental. aransement sering disingkat arr, aransement yang baik perlu latihan dan ketekunan yang terus menerus. seorang arranger harus mengerti benar tentang melodi serta karakternya dan harmoni beserta ilmunya. harmoni, yaitu ilmu tentang keselarasan paduan bunyi. berikut ini akan dibahas tentang membuat aransement. beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat aransement adalah sebagai berikut.
  1. sebuah nyanyian terdiri atas lagu dan syair. jadi, jangan menitikberatkan tentang lagu dengan melupakan syair. isi syair harus menjadi titik pangkal bersama dengan lagu untuk menentukan gaya aransement
  2. nyanyikan melodi dengan hati atau perasaan. dengarlah akor-akor yang melatar belakanginya, suasana melodi, dan iramanya. kemudian tentukan jenis arransementnya
  3. dalam menyusun aransement vokal yang penting adalah bunyinya. aransement vokal tidak bisa dibunyikan dengan instrument, misalnya organ atau piano. untuk memeriksa aransement dilakukan dengan mencoba menyanyikan dengan kelompok vokal
  4. aransement yang baik adalah hasil dari pengembangan, jangan terlalu cepat "mencetak" atau membukukan aransement sebelum sebuah aransement benar benar matang. bunyi aransement harus sama dengan apa yang diharapkan oleh penyusun
  5. hal terpenting didalam mengaransement adalah bunyi yang dihasilkan

Comments

Popular posts from this blog

Tegak kaki dan diagnose kepincangan kuda-sapi

Kasus Cystolithiasis Akibat Infeksi pada Anjing

Laporan wawancara budidaya ikan konsumsi ( ikan lele )

Prolapsus Bola Mata yang Disertai Miasis pada Anjing

MATERI KERAJINAN BERBAHAN LIMBAH LENGKAP

Konsep Pengolahan Limbah

Makalah atau Laporan Osmosis Pada Telur

Translate

Pageviews last month

terima kasih

jangan lupa datang kembali, komen, dan request