Kelahiran Pada Hewan: Etokia Pada Ruminansia, Etokia Pada Ruminansia Dan Non Ruminansia

 Eutokia adalah istilah kelahiran normal pada hewan. Tanda-tanda menjelang kelahiran normal adalah keluar lendir kental, lembut, bening, relaksasi vulva atau jalan kelahiran menjadi membesar, lembek, lembut, dan ligamentum pelvis mengalami relaksasi. Jalan kelahiran dibatasi oleh os pubis, os ilium, dan os sacrum. Ligamentum pelvis akan mengendur pada saat 12 jam menjelang kelahiran. Proses kelahiran diinduksi oleh adanya fetal stress. Fetal stress akan menginduksi pembentukan fetal cortisol (hormon stress pada fetus). Fetal kortisol akan mengubah progesteron plasenta menjadi estrogen. Fetal cortisol juga menstimulasi sekresi PGF2α untuk pelepasan relaxin sehingga ligamentum pelvis menjadi relaksasi. Terdapat tiga tahapan saat partus normal, yakitu fase persiapan, fase pengeluran fetus (fetal expulsion), dan fase pengeluaran plasenta (placenta expulsion).

Fase persiapan berlangsung singkat atau lama tergantung kondisi hewan. Fase persiapan ditandai dengan pembengkakan ambing, vulva, pengenduran ligamentum, mulai terjadi kontraksi uterus untuk mendorong fetus menuju lubang kelahiran, mengendurkan ikatan plasenta dan uterus, serta mempersiapkan jalur kelahiran. Fase pengeluaran fetus dapat dilakukan secara inspeksi dengan melihat adanya perejanan, tampak kifosis, dan kantong amnion menyembul ke luar. Fase pengeluaran plasenta terjadi 3-8 jam setelah pengeluaran anak, apabila lebih dari 8 jam plasenta belum keluar maka disebut sebagai retensio plasenta. 

Kedudukan fetus menjelang akhir kebuntingan turut diperhatikan. Situs merupakan perbandingan sumbu memanjang fetus terhadap sumbu memanjang hewan induk. Situs terbagi menjadi longitudinal, transversal, vertical dan diagonal. Posisi fetus adalah kedudukan punggung fetus terhadap tulang-tulang yang membatasi kelahiran (tulang pelvis/gerbang kelahiran). Sikap atau posture adalah keadaan dari bagian tubuh fetus yang mudah dibengkokkan.

Comments

Popular posts from this blog

Tegak kaki dan diagnose kepincangan kuda-sapi

Kasus Cystolithiasis Akibat Infeksi pada Anjing

Laporan wawancara budidaya ikan konsumsi ( ikan lele )

Prolapsus Bola Mata yang Disertai Miasis pada Anjing

MATERI KERAJINAN BERBAHAN LIMBAH LENGKAP

Konsep Pengolahan Limbah

Makalah atau Laporan Osmosis Pada Telur

Translate

Pageviews last month

terima kasih

jangan lupa datang kembali, komen, dan request